ANALISIS TEMA KESEHATAN
MATA PELAJARAN IPA
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum Tematik
Integratif Tema Kesehatan
Dosen Pengampu : Dra. Dalifa, M.Pd.
Oleh :
1. Yochi
Ferani Mutia A1G015013
2. Uci
Fitriani A1G015017
3. Irma
Nur Anisah A1G015021
4. Indah
Rahmi Febrianti A1G015051
5. Bintang
Mutiara JS A1G015059
6. Alamsyah
Yudha N A1G015061
7. Kiki
Fitria A1G015069
8. Adhytia
Kurniawan A1G015071
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2018
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup)
Subtema : 1 (Tumbuhan Sumber Kehidupan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
·
Perkembangbiakan
tumbuhan secara Generatif
·
Penyerbukan pada
bunga
·
Mengamati bunga di
sekitar sekolah
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 5
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
·
Perkembangbiakan
tumbuhan secara Vegetatif
·
Mengamati tumbuhan di
sekitar
·
Mencari persamaan
tumbuhan yang berkembangbiak generatif dan vegetatif
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Hewan Sahabatku)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
·
Perkembangbiakan
hewan ovipar, vivipar dan ovovivipar
·
Mengamati ciri-ciri
hewan ovipar, vivpar dn ovovivipar
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
|
·
Perkembangbiakan
vegetatif pada hewan
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3(Lestarikan Hewan dan Tumbuhan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
·
Ciri-ciri hewan
ovipar, vivipar dan ovovivipar
·
Mengamati perbedaan
ciri-ciri hewan ovipar, cicipar dan ovovivipar
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 5
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
·
Perkembangbiakan
vegetatif buatan pada tumbuhan
·
Mempraktikkan
perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 1 (Rukun dan Perbedaan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Adaptasi pada
tumbuhan
·
Mengamati cara
tumbuhan beradaptasi
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Cara tumbuhan
menyesuaikan diri
·
Cara tumbuhan
melindungi diri
·
Menuliskan perbedaan
dan manfaat perbedaan cara adaptasi tumbuhan
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Bekerja sama mencapai tujuan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Adaptasi pada hewan
·
Ciri-ciri adaptasi
hewan yang hidup berkelompok
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 5
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Ciri-ciri adaptasi
hewan yang hidup berkelompok
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Bersatu kita teguh)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Adaptasi pada hewan :
Mimikri,
autotomi dan menggulung diri
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.7
Mengidentifikasi cara makhluk
hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang adaptasi
makhluk hidup
yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
·
Adaptasi hewan untuk
menghadapi musuh
·
Mengamati persamaan
dan perbedaan cara adaptasi hewan
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 1 (Penemu yang mengubah dunia)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari
·
Proses penyaluran
listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Benda-benda yang menggunakan
energi listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Penemuan dan Manfaatnya)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Benda-benda yang menggunakan
energi listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Rangkaian Listrik
·
Membuat rangkaian
listrik sederhana
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Ayo Menjadi Penemu)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Listrik statis dan manfaat
listrik statis
·
Menemukan arus
listrik pada benda-benda sekitar
·
Percobaan listrik
statis
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 5
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
|
·
Sumber listrik
·
Kutub positif dan
negatif baterai
·
Manfaat sumber
listrik
·
Mengamati energi
listrik pada baterai
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Tema : 4 (Globalisasi)
Subtema : 1 (Globalisasi di sekitarku)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Konversi energi
listrikmenjadi energi lain
·
Mengamati benda-benda
dengan konversi listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Peran energi listrik
·
Mengamati peran
energi listrik terhadap lingkungan sekitar
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Globalisasi dan Manfaatnya)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Pengaruh listrik pada
perkembangan teknologi
·
Menemukan contoh
benda hasil perkembangan teknologi yang menggunakan energi listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran :4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Manfaat energi
listrik
·
Dampak pemborosan
energi listrik
·
Menerapkan hemat
energi listrik
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1 Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik,
dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Penggunaan energi
listrik dewasa ini
·
Hemat energi listrik
·
Masalah dalam
kelistrikan
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
|
·
Pembangkit listrik
tenaga surya
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu
serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan
tersebut
|
·
Perubahan wujud benda
karena perubahan suhu
·
Percobaan pengaruh
panas terhadap sifat benda
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Pengaruh suhu
terhadap sifat benda
·
Mengamati contoh
perubahan karena pengaruh suhu
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Usaha di sekitarku)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta
mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut
|
·
Benda-benda
penghantar panas dan benda bukan penghantar panas
·
Percobaan membandingkan hantaran panas pada
berbagai benda
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Sifat-sifat benda
penghantar panas dan benda bukan penghantar panas
·
Perpindahan panas
secaraa konveksi
·
Percobaan perpindahan
panas secara konveksi
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Ayo, belajar berwirausaha)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu
serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan
tersebut
|
·
variabel bebas dan
variabel terikat dari berbagai peristiwa pengaruh suhu pada benda
·
percobaan tentang
perubahan benda akibat pengaruh suhu
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
hubungan antara suhu
dan perubahan benda
·
percobaan pembusukan
pada roti
·
Mengamati variabel
bebas dan variabel terikat pada proses pembusukan.
|
Tidak terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Tema : 6 (Menuju Masyarakat Sehat)
Subtema : 1 (Lingkungan Sehat, Masyarakat
Sehat)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Perbedaan campuran
dan larutan
·
Sifat-sifat campuran
dan larutan
·
Percobaan membuat
larutan oralit
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang mengobati sakit diare menggunakan larutan oralit.
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Contoh campuran dan
larutan
·
Perbedaan campuran
dan larutan
·
Percobaan membuat
campuran dan larutan
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang membuat larutan dan campuran makanan dan minuman yang sehat
bagi tubuh
|
Subtema : 2 (Masyarakat Sehat, Masyarakat
Kuat)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Contoh campuran dan larutan
·
Perbedaan campuran
dan larutan
·
Wawancara tentang
berbagai jajanan di sekolah
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang larutan dan campuran yang digunakan dalam jajanan sekolah dan
hubungan larutan dan campuran terhadap kesehatan manusia
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Pengertian dan contoh
larutan
·
Pengertian dan contoh
campuran
·
Cara memisahkan
campuran zat
·
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang hubungan larutan dan campuran terhadap kesehatan manusia
|
Subtema : 3 (Membangun Masyarakat Sehat)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Informasi dan fakta
tentang campuran pada udara
·
Investigasi tentang
campuran pada udara dan polusi udara
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang campuran yang ada pada udara yang bermanfaat bagi kesehatan
manusia dan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Cara membuat larutan
·
Percobaan membuat
larutan anti nyamuk
|
Terdapat
pembelajaran tentang tema kesehatan,
yaitu tentang cara membuat larutan anti nyamuk untuk menghindari gigitan
nyamuk yang dapat menyebarkan virus dan parasit, dan mengganggu kesehatan
manusia
|
Tema :
7 (Kepemimpinan)
Subtema : 1 (Kepemimpinan di Sekitarku)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui
pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk
membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Sifat-sifat larutan
·
Pengaruh jumlah zat
yang dilarutkan terhadap sifat larutan
·
Percobaan sifat
larutan dengan membuat gelembung sabun
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui
pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk
membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Pengaruh zat terlarut
terhadap sifat larutan
·
Percobaan membuat
balon sabun dan mengukur diameternya
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Pemimpin Idolaku)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui
pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk
membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Sifat-sifat campuran
·
Percobaan campuran
berlapis
·
Percobaan memisahkan
zat padat dan zat cair pada campuran
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui
pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk
membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Sifat-sifat campuran
·
Percobaan penyulingan
air
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Ayo, Memimpin)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran,
perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan
variabel terikat dalampercobaan tersebut
|
·
Sifat-sifat hantaran
panas
·
Konduktor dan
isolator panas
·
Percobaan sifat
hantaran panas
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat
hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalampercobaan tersebut
|
·
Pengaruh suhu
terhadap perubahan benda
·
Macam - macam
perubahan benda
·
Percobaan pengaruh
suhu pada perubahan benda
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Tema : 8 (Bumiku)
Subtema : 1 (Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Rotasi bumi dan
akibatnya
·
Percobaan sederhana
rotasi bumi
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
percobaan untuk
membuktikan pengaruh suhu terhadap perubahan benda
·
percobaan tentang
pembusukan dan perkaratan
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Bumiku dan Musimnya)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Revolusi bumi dan
pengaruhnya
·
Percobaan sederhana
memodelkan revolusi bumi
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Pengaruh perubahan
suhu pada kaca jendela
·
Percobaan bentuk
permukaan bulan
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Bumi, Matahari dan Bulan)
Pembelajaran : 2
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi,
revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan
gerhana Matahari.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut
|
·
Gerhana bulan dan
pengaruhnya
·
Percobaan memodelkan
gerhana bulan
|
Tidak terdapat pembelajaran
tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 4
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh
suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam
percobaan tersebut
|
·
Peristiwa gerhana
matahari
·
Percobaan peristiwa
gerhana mataharis
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Tema : 8 (Menjelajah Luar Angkasa)
Subtema : 1 (Keteraturan yang Menakjubkan)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Galaksi dan sistem tata surya
·
Membuat peta pikiran
sistem tata surya
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Peran penting
matahari
·
Percobaan membuat
kompor tenaga surya sederhana
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 2 (Benda Luar Angkasa dan Rahasianya)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Bintang, matahari dan manfaatnya
·
Percobaan tentang
pengaruh suhu matahari.
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Asteroid, meteorid dan meteor
·
Hal yang akan terjadi
tentang asteroid.
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Subtema : 3 (Tokoh Penjelajah Angkasa Luar)
Pembelajaran : 1
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan
definisi planet dalam bentuk diagram
·
Karakteristik
planet-planet dalam bentuk bagan.
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Pembelajaran : 3
KD
|
Materi
|
Hasil
Analisis
|
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari
sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan
perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas
dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
|
·
Dampak perubahan suhu pada percobaan garam.
·
Percobaan membuat
garam
|
Tidak
terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan
|
Analisis
KD IPA Kelas 6 pada Kurikulum yang
Berkaitan dengan Tema Kesehatan
KD
|
Materi
|
Hasil Analisis
|
3.2
Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan
reproduksi
|
|
KD
3.2 pada kurikulum tidak terdapat pada Buku Guru Revisi 2017. Materi untuk KD
3.2 diperoleh dari buku penunjang Kurikulum KTSP kelas 6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar