Selasa, 04 Desember 2018

BEASISWA DATA PRINT 2018 "Sikap Berbhineka Cerminan Mahasiswa Indonesia"

Guysssss, Beasiswa Data Print 2018 periode ke-dua sebentar lagi akan close pendaftaran loh. Buat kamu mahasiswa dan pelajar SMA, Lets Join!!! Segera daftarkan diri kamu sekarang juga sebelum terlambat. Ada beasiswa jutaan rupiah buat kalian cukup dengan mengisi kolom pendafataran dan buat essaynya sesuai dengan tema nya nih. Tunggu apa lagi?
Informasi selengkapnya klik link di bawah ini
http://beasiswadataprint.com



SIKAP BERBHINEKA CERMINAN MAHASISWA INDONESIA
Sebagai Negara kepulauan, Indonesia mempunyai keberagaman baik bangsa, suku, ras, adat istiadat dan budaya. Keberagaman tersebut menumbuhkan banyak perbedaan dari bangsa Indonesia. Perbedaan itu sendiri sejatinya bukanlah bahan pemecah suatu bangsa, akan tetapi dengan adanya keberagaman dan perbedaan kita dapat menjadi bangsa yang besar dan arif. Keberagaman bangsa Indonesia juga menjadi sebuah kekuatan besar apabila dilandasi dengan persatuan dan kesatuan. Sebagai bangsa Indonesia, semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sudah tidak asing lagi terdengar dan semboyan yang memiliki arti “Walaupun berbeda-beda tetap satu juga” tersebut merupakan salah satu pondasi yang menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat berkat persatuan dari keberagaman yang ada.
Persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat diciptakan tidak lepas dari peran mahasiswa yang menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleran terhadap keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri, membiarkan orang berpendapat, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasari oleh  sikap hormat terhadap perbedaan keyakinan, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.
 Mengapa mahasiswa yang berperan penting dalam persatuan dan kesatuan? Karena mahasiswa selalu memberikan kontribusi penting di setiap tahapan perjuangan kebangsaan Indonesia. Mahasiswa selalu berada di garda terdepan dalam menyuarakan aspirasi rakyat. Tidak dapat dipungkiri, mahasiswa Indonesia adalah potret agen perubahan kehidupan kebangsaan Indonesia. Mahasiswa sekarang dihadapkan pada banyak tantangan. Konflik  yang bermula dari ketimpangan sosial-ekonomi, belum tegaknya hukum secara adil dan merata, serta peristiwa politik dekade terakhir, mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sikap berbhineka sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut disamping pola fikir yang idealis, kritis, dengan semangat yang menggebu serta didorong oleh motivasi dan cita-cita yang tinggi.
Sikap berbhineka harus menjadi cerminan mahasiswa Indonesia. Mahasiswa Indonesia tidak boleh bersifat apatis dan formalistis, artinya mahasiswa Indonesia tidak boleh kaku dan nekat membenarkan pendapatnya sendiri. Mahasiswa Indonesia harus universal dan menyeluruh. Dengan rasa universal yang didasari rasa hormat, rukun, dan saling percaya satu dengan yang lain maka akan muncul kedamaian dan keanekaragaman dapat disatukan. Selain itu, tidak bersifat enklusif juga merupakan bagian dari sikap berbhineka artinya memiliki rasa persaudaraan dan tidak memaksakan kehendak. Mahasiswa Indonesia juga harus bersifat konvergen, artinya apabila ada suatu permasalahan harus dicari titik temu yang dapat membuat semua kepentingan menjadi satu.
Mahasiswa Indonesia sebagai generasi muda dan penerus bagi bangsa dan negara harus memiliki kepekaan sosial dan menjunjung tinggi sikap berbhineka. Memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan sebuah kewajiban dan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” tetap menjadi pancang dan cerminan dalam setiap kali bertindak. Implementasi sikap berbhineka itu sendiri adalah  tidak mementingkan kepentingan sendiri, namun untuk mencapai ke-Bhinneka-an maka harus saling menghormati pendapat dan perbedaan yang dimiliki orang lain. Mahasiswa yang memiliki sikap berbhineka juga akan memiliki sikap rela berkorban terhadap kepentingan negara sehingga akan menjauhkan dari konflik dalam kehidupan bermasyarakat.
Mari kita lihat pada diri kita dan di sekitar kita, sudahkah sikap berbhineka menjadi cerminan mahasiswa Indonesia? Jika belum, ayo bersama-sama kita sebagai mahasiswa yang merupakan generasi emas bangsa berbenah diri dan menjadikan sikap berbhineka sebagai cerminan dalam  bertindak demi kemajuan, persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar