AIG015021
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS
RANGKAP
MODEL
221
Sekolah :
SDN 214 Bengkulu Utara
Kelas / Semester :
3 (Tiga) dan 4 (Empat) / Dua
Mata Pelajaran/Topik : 1. Matematika / Pecahan Sederhana
2. IPA / Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda
Langit
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
Pelajaran ke : 1
Hari/Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 19 April 2018
I.
Standar
Kompetensi :
Matematika : 8. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah
IPA
: 9. Memahami perubahan
kenampakan permukaan bumi dan benda langit
II.
Kompetensi
Dasar :
8.1 Membandingkan
besaran pecahan sederhana
9.1 Mendeskripsikan
posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
III. Indikator
:
8.1.1 Megidentifikasi nilai pecahan dengan gambar
8.1.2 Membandingkan nilai pecahan dengan gambar
9.1.1 Mengidentifikasi kedudukan benda langit
misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari”
terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari
IV. Pokok Materi
Pecahan
Perubahan kenampakan benda-benda langit
Kenampakan Bulan
Pada malam hari yang cerah bulan akan tampak indah.
Apakah setiap malam bulan kelihatan bulat? Bulan berbentuk bulat seperti
matahari dan bumi. Bulan tidak mempunyai cahaya seperti matahari. Bulan kadangkadang
tampak membentuk lingkaran, setengah lingkaran, dan kadangkadang tidak
kelihatan.
Kenampakan bulan bergantung pada posisinya terhadap
matahari dan bumi karena sinar bulan merupakan pantulan sinar matahari oleh
bulan. Bagaimana terjadinya perubahan kenampakan bulan ini perhatikan gambar
berikut ini.
Kenampakan bulan diawali dengan bulan baru, kedudukan
bulan berada di antara bumi dan matahari dalam satu garis lurus. Pada kedudukan
bulan baru kita tidak dapat melihat bulan. Setelah lima hari kenampakan bulan
disebut bulan sabit. Pada kedudukan ini kenampakan bulan atau bagian bulan
kelihatan bercahaya hanya seperempatnya. Sesudah satu minggu tampak setengah
bagian, kedudukan bumi, bulan, dan matahari membentuk segitiga siku-siku.
Sesudah sepuluh hari kenampakan bulan menjadi tiga
perempatnya. Pernahkah kamu melihat bulan purnama? Bulan purnama terjadi pada
hari ke 14 dari bulan baru. Ketika bulan purnama tiba kedudukan bumi berada di
antara bulan dan matahari dalam keadaan garis lurus. Seluruh sisi bulan yang
diterangi matahari menjadi tampak sehingga pada bulan purnama, bulan tampak
bersinar terang. Selanjutnya terjadi proses sebaliknya. Sesudah bulan purnama
bagian bulan yang bercahaya mulai menyusut, melewati kenampakan bulan tiga
perempat, satu perdua, dan setengahnya. Selanjutnya bulan kembali lagi menjadi
bulan sabit dan di akhir bulan baru mulai lagi kenampakan bulan baru, yaitu
bulan tidak kelihatan lagi.
Kenampakan
bulan terus berubah, mulai dari bulan tak kelihatan sampai tak kelihatan lagi
lamanya 30 hari. Bulan purnama terjadi pada tanggal 14 setiap bulan Hijriah.
Kamu dapat buktikan perubahan kenampakan bulan ini mengikuti tanggal pada tahun
Hijriah di kalender.
V. Media dan Sumber Belajar
Kelas 3 (MTK)
Media :
Gambar pecahan, benda manipulatif pecahan sederhana
Sumber Belajar : Buku Matematika SD Relevan KTSP Kelas 3
Kelas 4 (IPA)
Media :
Gambar bentuk-bentuk kenampakan bulan, benda peraga posisi bulan, bumi dan matahari
Sumber
Belajar : Buku SAINS SD Relevan KTSP
Kelas 4
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab dan penugasan
VII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan
Siswa dan Guru
|
Waktu
(dalam
menit)
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan dalam dan berdoa
2.
Apersepsi :
·
Menstimulasi siswa tentang apa itu pecahan dan menemukan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengingat tentang perbandingan pecahan.
·
Menstimulasi siswa tentang bentuk-bentuk bulan yang pernah
ditemui di malam hari
·
Memahami peta konsep tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit
3.
Motivasi :
·
Menyampaikan bahwa materi pecahan sangat berguna dalam kehidupan
sehari-hari, contohnya dalam kenampakan bulan setengah.
·
Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
|
15
menit
|
Penyajian
|
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Kelas 3 (MTK)
·
Meminta siswa menyebutkan contoh pecahan yang sering ditemui di
kehidupan sehari-hari
·
Menyajikan berbagai gambar pecahan sederhana
·
Menjelaskan pada siswa tentang pecahan sederhana dari gambar
·
Menjelaskan perbandingan pecahan melalui gambar dan benda manipulatif
·
Memberikan contoh perbandingan pecahan
·
Meminta siswa untuk membaca buku dan memahami materi
Kelas 4 (IPA)
·
Meminta siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat tanpa
alat bantu : bulan, bintang, matahari
·
Menyajikan gambar kenampakan bulan
·
Menceritakan kenampakan perubahan benda langit, perubahan
kenampakan bulan
·
Menjelaskan perubahan kenampakan yang terjadi pada bulan dengan
benda yang diibaratkan sebagai bumi, bulan dan matahari
·
Meminta siswa membaca buku dan memahami materi
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
Kelas
3 (MTK)
·
Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
·
Memberikan gambar tentang pecahan ke masing-masing kelompok
·
Meminta siswa untuk mendiskusikan pecahan dan perbandingan
pecahan berdasarkan gambar
·
Meminta salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya
ke depan kelas
·
Menjelaskan cara penyelesaikan masalah pecahan
·
Melakukan uji kompetensi / evaluasi
Kelas 5 (IPA)
·
Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
·
Memberika gambar tentang perubahan kenampakan bulan dan perubahan
benda langit lainnya
·
Meminta siswa untuk mendiskusikan perubahan kenampakan bulan dan
sebabnya
·
Meminta salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya
ke depan kelas
·
Menjelaskan / meluruskan hasil diskusi
·
Melakukan uji kompetensi / evaluasi
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
·
Menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui /
dipahami
·
Membahas jawaban uji kompetensi
·
Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
30
menit
|
Penutup
|
Dalam
kegiatan penutup, guru :
·
Memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan
·
Melakukan refleksi bersama siswa
·
Meminta siswa membuat rangkuman
·
Memberikan PR (Pekerjaan Rumah)
|
15
menit
|
VIII. Evaluasi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
8.1.1
Megidentifikasi nilai pecahan dengan gambar
|
Tugas kelompok
|
Uraian tertulis
|
Disajikan beberapa gambar pecahan.
1.
Tuliskan
nilai pecahan dari dua gambar di atas!
a.
b.
c.
|
8.1.2
Membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar
|
Tugas individu
|
Uraian Tertulis
|
2.
Tentukan
manakah yang lebih besar dari pecahan-pecahan berikut !
a.
atau
b.
atau
|
9.1.1
Mengidentifikasi
kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit,
waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari
ke hari.
|
Tugas Kelompok
|
Uraian tertulis
|
Disajikan beberapa gambar fase
bulan/kenampakan bulan.
1.
Tuliskan
nama nama bulan pada gambar!
a.
b.
c.
2.
Bagaimanakah
terjadinya kenampakan bulan baru ?
3.
Bagaimanakah
terjadinya kenampakan bulan purnama?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bengkulu
Utara, 19 April 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas Rangkap
.................................. A1G015021
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar