Selasa, 04 Desember 2018

Contoh RPP PKR (Pembelajaran Kelas Rangkap)

IRMA NUR ANISAH
AIG015021


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS RANGKAP
MODEL 221

Sekolah                                   : SDN 214 Bengkulu Utara
Kelas  / Semester                   : 3 (Tiga) dan 4 (Empat) / Dua
Mata Pelajaran/Topik          : 1. Matematika / Pecahan Sederhana
                                                              2. IPA / Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Alokasi Waktu                       : 2 x 30 menit
Pelajaran ke                           : 1
Hari/Tanggal Pelaksanaan   : Kamis, 19 April 2018

I.             Standar Kompetensi :
Matematika        : 8. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
IPA                    : 9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
II.          Kompetensi Dasar :
8.1    Membandingkan besaran pecahan sederhana
9.1    Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
III.    Indikator :
         8.1.1 Megidentifikasi nilai pecahan dengan gambar
         8.1.2 Membandingkan nilai pecahan dengan gambar
9.1.1 Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari
IV.    Pokok Materi
         Pecahan
         Perubahan kenampakan benda-benda langit
Kenampakan Bulan
Pada malam hari yang cerah bulan akan tampak indah. Apakah setiap malam bulan kelihatan bulat? Bulan berbentuk bulat seperti matahari dan bumi. Bulan tidak mempunyai cahaya seperti matahari. Bulan kadangkadang tampak membentuk lingkaran, setengah lingkaran, dan kadangkadang tidak kelihatan.
Kenampakan bulan bergantung pada posisinya terhadap matahari dan bumi karena sinar bulan merupakan pantulan sinar matahari oleh bulan. Bagaimana terjadinya perubahan kenampakan bulan ini perhatikan gambar berikut ini.
Kenampakan bulan diawali dengan bulan baru, kedudukan bulan berada di antara bumi dan matahari dalam satu garis lurus. Pada kedudukan bulan baru kita tidak dapat melihat bulan. Setelah lima hari kenampakan bulan disebut bulan sabit. Pada kedudukan ini kenampakan bulan atau bagian bulan kelihatan bercahaya hanya seperempatnya. Sesudah satu minggu tampak setengah bagian, kedudukan bumi, bulan, dan matahari membentuk segitiga siku-siku.
Sesudah sepuluh hari kenampakan bulan menjadi tiga perempatnya. Pernahkah kamu melihat bulan purnama? Bulan purnama terjadi pada hari ke 14 dari bulan baru. Ketika bulan purnama tiba kedudukan bumi berada di antara bulan dan matahari dalam keadaan garis lurus. Seluruh sisi bulan yang diterangi matahari menjadi tampak sehingga pada bulan purnama, bulan tampak bersinar terang. Selanjutnya terjadi proses sebaliknya. Sesudah bulan purnama bagian bulan yang bercahaya mulai menyusut, melewati kenampakan bulan tiga perempat, satu perdua, dan setengahnya. Selanjutnya bulan kembali lagi menjadi bulan sabit dan di akhir bulan baru mulai lagi kenampakan bulan baru, yaitu bulan tidak kelihatan lagi.
Kenampakan bulan terus berubah, mulai dari bulan tak kelihatan sampai tak kelihatan lagi lamanya 30 hari. Bulan purnama terjadi pada tanggal 14 setiap bulan Hijriah. Kamu dapat buktikan perubahan kenampakan bulan ini mengikuti tanggal pada tahun Hijriah di kalender.
V.     Media dan Sumber Belajar
         Kelas 3 (MTK)
         Media                 : Gambar pecahan, benda manipulatif pecahan sederhana
         Sumber Belajar   : Buku Matematika SD Relevan KTSP Kelas 3
         Kelas 4 (IPA)
Media                 : Gambar bentuk-bentuk kenampakan bulan, benda peraga posisi bulan,    bumi dan matahari
         Sumber Belajar   : Buku SAINS SD Relevan KTSP Kelas 4
VI.    Metode Pembelajaran
         Diskusi, Tanya jawab dan penugasan
VII.  Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran

Kegiatan Siswa dan Guru
Waktu
(dalam menit)
Pendahuluan
1.      Mengucapkan dalam dan berdoa
2.      Apersepsi :
·      Menstimulasi siswa tentang apa itu pecahan dan menemukan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·      Mengingat tentang perbandingan pecahan.
·      Menstimulasi siswa tentang bentuk-bentuk bulan yang pernah ditemui di malam hari
·      Memahami peta konsep tentang perubahan kenampakan bumi  dan benda langit
3.      Motivasi :
·      Menyampaikan bahwa materi pecahan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam kenampakan bulan setengah.
·      Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
15 menit
Penyajian
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Kelas 3 (MTK)
·      Meminta siswa menyebutkan contoh pecahan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari
·      Menyajikan berbagai gambar pecahan sederhana
·      Menjelaskan pada siswa tentang pecahan sederhana dari gambar
·      Menjelaskan perbandingan pecahan melalui gambar dan benda manipulatif
·      Memberikan contoh perbandingan pecahan
·      Meminta siswa untuk membaca buku dan memahami materi
Kelas 4 (IPA)
·      Meminta siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat tanpa alat  bantu : bulan, bintang, matahari
·      Menyajikan gambar kenampakan bulan
·      Menceritakan kenampakan perubahan benda langit, perubahan kenampakan bulan
·      Menjelaskan perubahan kenampakan yang terjadi pada bulan dengan benda yang diibaratkan sebagai bumi, bulan dan matahari
·      Meminta siswa membaca buku dan memahami materi
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
Kelas 3 (MTK)
·      Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
·      Memberikan gambar tentang pecahan ke masing-masing kelompok
·      Meminta siswa untuk mendiskusikan pecahan dan perbandingan pecahan berdasarkan gambar
·      Meminta salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
·      Menjelaskan cara penyelesaikan masalah pecahan
·      Melakukan uji kompetensi / evaluasi
Kelas 5 (IPA)
·      Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
·      Memberika gambar tentang perubahan kenampakan bulan dan perubahan benda langit lainnya
·      Meminta siswa untuk mendiskusikan perubahan kenampakan bulan dan sebabnya
·      Meminta salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
·      Menjelaskan / meluruskan hasil diskusi
·      Melakukan uji kompetensi / evaluasi
3.      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
·      Menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui / dipahami
·      Membahas jawaban uji kompetensi
·      Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
30 menit
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·        Memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan
·        Melakukan refleksi bersama siswa
·        Meminta siswa membuat rangkuman
·        Memberikan PR (Pekerjaan Rumah)
15 menit
        
VIII.   Evaluasi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
8.1.1        Megidentifikasi nilai pecahan dengan gambar

Tugas kelompok

Uraian tertulis
Disajikan beberapa  gambar pecahan.
1.      Tuliskan nilai pecahan dari dua gambar di atas!
a.           
b.         
c.          

8.1.2        Membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar





Tugas individu

Uraian Tertulis

2.      Tentukan manakah yang lebih besar dari pecahan-pecahan berikut !
a.        atau

b.       atau

9.1.1        Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.


Tugas Kelompok

Uraian tertulis

Disajikan beberapa gambar fase bulan/kenampakan bulan.
1.      Tuliskan nama nama bulan pada gambar!
a.         
b.         
c.         
2.      Bagaimanakah terjadinya kenampakan bulan baru ?
3.      Bagaimanakah terjadinya kenampakan bulan purnama?




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      


Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Bengkulu Utara, 19 April 2018
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas Rangkap



  ..................................                                            A1G015021
  NIP :                                                                     





Tidak ada komentar:

Posting Komentar